Cara Downgrade Windows 10 ke Windows 7

Tutorial ini khusus untuk komputer windows 10 yang fresh bawaan pabrik bukan upgrade-an dari windows 7 ke windows 10.  Kalau yang upgrade-an sih sudah banyak tutorialnya tersebar di internet.

Langkah pertama yang dilakukan adalah masuk Bios, lalu cari menu yang ada tulisan UEFI Mode, ubah menjadi BIOS Mode.  Setelah itu install Windows 7 seperti biasa.  Sebelum install pastikan file-file yang ada dibackup semua karena untuk downgrade ke windows 7 anda harus menghapus seluruh harddisk, bukan hanya format partisi sistem saja.

Langkah selanjutnya dan ini paling sulit adalah mencari driver hardware agar kompatibel dengan windows 7. Jika anda  search di Google Driver laptop x yang dari pabrikannya sudah pakai windows 10 saya jamin bakal sangat mengalami kesulitan.  Tapi bukan berarti tidak ada jalan keluar.

Kuncinya adalah Vendor ID dan Device ID.

Untuk mencari Vendor ID dan Device ID silahkan ke menu Computer lalu klik kanan pilih Properties lalu masuk ke Device Manager.  Di situ terdapat daftar-daftar hardware yang anda gunakan.  Pilih salah satu hardware yang ditandai dengan tanda tanya karena tidak compatibel lalu klik kanan, klik lagi properties.  Lalu ke menu tab details.  Setelah itu pilih Hardware ID's di combo box.  Lihat gambar bawah:

Hardware Id's


Disitu terdapat tulisan PCI\VEN_1969&DEV_2060&SUBSYS_FF1E1179&REV_C1

Arti tulisan yang saya warnai kuning itu menerangkan bahwa 1696 itu adalah nama Vendornya sedang 2060 adalah device ID-nya. 

Untuk mencari driver hardware tersebut silahkan buka http://pcidatabase.com.  Ketik nama vendor dan device ID yang anda cari.  Kalau sudah selesai coba install satu persatu.  Memang agak untung-untungan sih, tapi saya jamin tetap ada yang kompatibel karena saya sudah mencobanya pada driver komputer Lenovo C200.

Perlu sekedar diketahui, untuk mencari driver tersebut anda jangan terpancang pada pabrikannya.  Di Driver Lenovo C200 yang sudah pernah saya coba itu semua pabrikannya beda-beda.  Ada yang ketemunya di websitenya Dell, Toshiba, Asus dan lain sebagainya.  Asal Vendor-ID dan Device ID cocok saya jamin bisa.

Komentar