Jangan Install Windows 10

Berbagi pengalaman saja dari seorang klien saya yang sudah terlanjur beli komputer jenisnya desktop tower Lenovo kalau tidak salah seri C200.  Sekilas komputer tersebut dari segi fisik kelihatan canggih.  Dengan layar 18.5" ni komputer memang nyaman buat kerja.  Apalagi dilihat dari sistem operasinya sudah pakai Windows 10 semakin terlihat keren mentereng.

Sebenarnya sih saya tidak terlalu peduli sama sistem operasinya tersebut wong pekerjaan saya cuma tukang coding jadi job saya tinggal install aplikasi dan beres tinggal terima uang.

Tapi apa yang terjadi,  dia mengadu ke saya kalau komputernya lemot.  Semua service udah dia matikan dan tetap aja lemot.  Walhasil saya utak-utik tuh komputer mungkin bisa saja terkena virus atau malware.

Selidik punya selidik, ternyata windows 10 tidak kuat kalau diinstall pada komputer yang RAM-nya kurang dari 2GB.  Sang empunya komputer bilang kalau sistem operasinya udah bawaan pabrik.  Jadi mau tidak mau dia harus pakai widows 10.

Ketika aplikasi masih sedikit pada awalnya mungkin kurang terasa.  Tetapi karena kebutuhan pekerjaan yang harus install software ini itu akhirnya terasa kalau sistem operasi tersebut memakan banyak memori.

Akhirnya dengan terpaksa saya menerima pekerjaan untuk downgrade ke Windows 7.  Karena saya awam dan buta windows 10 coba install windows 7 beberapa kali terjadi fail.  Selidik punya selidik ternyata partition tablenya berbeda antara Windows 7 dan Windows 10.  Windows 7 menggunakan NTFS sedang Windows 10 menggunakan GUID partition table (GPT) file system.   Di samping itu untuk bootingnya teknologi Windows 10 menggunakan UEFI mode sedang Windows 7 masih pakai BIOS mode.  Akhirnya saya utak-atik BIOS dan menyetting ke booting BIOS mode.

Dan akhirnya downgrade dari Windows 10 ke Windows 7 berakhir dengan sukses.  Tapi ada satu kendala lagi yaitu masalah driver.  Komputer tersebut ternyata tidak ada driver yang kompatibel dengan windows 7.  Cari di Google ketik driver Lenovo C200 yang keluar windows 10 semua.  Lalu bagaimana cara mengatasi hal tersebut?

Cara paling mudah adalah beli DriverPack solution dalam bentuk DVD.  Anda bisa cari di lapak-lapak online.  Tapi itu ada kendalanya, pastikan bahwa DVD RW anda kecepatannya baik.  Jika tidak maka anda akan kesulitan untuk menginstallnya. Jika pakai cara tersebut tidak bisa dan anda gagal install driver, silahkan baca tulisan saya selanjutnya cara downgrade windows 10 di windows 7,

Komentar