Recovery Data Android Pakai Software Gratisan

Recovery data di android itu gampang-gampang susah.  Gampangnya jika data yang hilang tersimpan di penyimpanan eksternal(SD Card) anda diapat recover cara biasa memakai software recovery semacam testdisk dan lain sebagainya.  Akan tetapi jika data yang hilang tersimpan dipenyimpanan internal(seperti data SMS) maka yang harus anda lakukan adalah meroot dulu hp android anda setelah itu baru direstore.

Kalau anda mempunyai kocek yang cukup saya sarankan mencoba Wondershare MobileGo.  Software tersebut dapat mendeteksi jenis HP anda, lalu langsung mengunduh software root yang cocok baru kemudian direstore, setelah selesai lalu di unroot lagi.  Karena itu promo mereka bilang "recover data without root".  Ya terang aja wong habis di root terus di unroot lagi.

Akan tetapi jika anda tidak bisa beli, anda bisa coba cara manual sebagai berikut:

1.  Pastikan hp anda dalam mode debug.  Pada tiap hp mode debug itu berbeda-beda.  Untuk HP android tipe terbaru sepengetahuan saya caranya di tap 3 kali pada menu info hp.
2.  Colokkan kabel data ke komputer, install driver yang sesuai dengan hp anda.  Pada hp versi terbaru biasanya sudah tersedia drivernya di penyimpanan eksternal HP.
3.  Untuk berjaga-jaga agar data yang direstore tidak rusak pastikan tidak digunakan untuk beraktivitas.  Matikan service yang berhubungan dengan software chat semacam WhatsApp/BBM.

4.  Cari software root yang sesuai dengan hp anda.  Langkah ini yang paling susah karena biasanya trial dan error. Ada TowelRoot, KingRoot, NewKingroot dan lain-lain. Tinggal cari saja di Google dan coba saja semua.
5.  Kalo sudah berhasil ngeroot anda bisa unduh GT Recovery di google play.  Software dengan logo tokek ini menrut saya paling ampuh dibanding yang lain karena dapat merestore data-data yang setengah rusak.


Komentar