Cara Menghilangkan Proteksi Copyspace

Beberapa kali saya menjumpai artikel yang ada diinternet yang tidak mengijinkan untuk copyspace.  Klik kanan jadi mati dan halaman tersebut jadi readonly.  Hal yang bagi saya sangat menjengkelkan dan juga tidak ada gunanya karena bagi saya hal yang sudah disebar diinternet berarti secara otomatis yang lain berhak mempublikasikannya secara luas meskipun tidak seijin yang punya.

Begitu juga seumpama anda mengcopy isi blog beberapa artikel asal tidak persis tentu saja saya ijinkan.  Perkecualian kalau semua artikel digrab persis ya pasti ada tindak lanjutnya.

Kembali ke pokok bahasan.  Untuk anda yang kebetulan butuh informasi yang mungkin benar-benar anda butuhkan dan artikel tersebut tidak boleh di copy paste alias di proteksi pakai logo copyspace cara menghilangkannya sangat mudah.  Langkahnya adalah sebagai berikut:

1.  Simpan halaman website tersebut pakai save As biasa di browser anda.
2.  Buka halaman website yang anda simpan tersebut pakai notepad++ lalu hilangkan dua script berikut:

<script type="text/javascript">
function disableSelection(e){if(typeof e.onselectstart!="undefined")e.onselectstart=function(){return false};else if(typeof e.style.MozUserSelect!="undefined")e.style.MozUserSelect="none";else e.onmousedown=function(){return false};e.style.cursor="default"}window.onload=function(){disableSelection(document.body)}
</script>
<script type="text/javascript">
document.oncontextmenu=function(e){var t=e||window.event;var n=t.target||t.srcElement;if(n.nodeName!="A")return false};
document.ondragstart=function(){return false};
</script>
Save lagi halaman web tersebut lalu buka dibrowser seperti biasa.  Niscaya klik kanan jadi hidup lagi.  Tinggal copy saja tuh tulisan sesuai yang anda butuhkan.  Saran saya jangan dicopas persis, cuma bagian-bagian inti saja yang dicopas.  Kasihan yang nulis panjang-panjang tapi isinya dicopas semua tanpa nyantumin sumber asli.


Komentar